Pengertian Sistem Informasi Manajemen: Tujuan, Fungsi dan Contoh SIM

By | 4 Juli 2019

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi perencanaan yang terdapat di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal yang terdapat di dalam perusahaan yang mencakup pemanfaatan sumber daya manajemen, akuntasi manajemen, teknologi, manajemen keuangan dan dokumen perusahaan sebagai suatu strategi dalam bisnis perusahaan.

Sistem informasi manajemen terbagi menjadi tiga yaitu Sistem, Informasi, dan Manajemen. Sistem adalah kumpulan unsur yang saling berkaitan dan saling bekerja sama. Informasi adalah sekumpulan data fakta yang terorganisir dan diolah dengan metode tertentu hingga menghasilkan sesuatu yang bermakna oleh penerimannya. Manajemen adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengatur sumber daya yang ada agar dapat lebih efesien dan efektif.

Pada intinya sistem informasi manajemen di gunakan untuk mengambil keputusan di dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi sistem informasi, tujuan sistem informasi manajemen, dan contoh sistem informasi manajemen akan di bahas pada artikel ini secara.

Baca Juga:

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Sistem informasi manajemen memiliki banyak pengertian bahkan para ahli di bidang manajemen mengeluarkan pendapat mereka sesui dengan komptensi yang mereka jalani. Berikut ini Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli.

1. Raymond McLeod Jr

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Raymond McLeod Jr adalah sebuah sistem yang terdapat di dalam perusahaan yang berbasis komputer yang menyediakan sebuah informasi kepada beberapa pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama.

2. Nash dan Robert

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Nash dan Robert adalah gabungani dari user pengguna/orang, media, teknologi, prosedur, serta juga pengendalian, yang memiliki suatu tujuan tertentu.

3. Bodnar dan Hopwood

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Bodnar dan Hopwood adalah suatu kumpulan dari perangkat keras atau hardware ataupun perangkat lunak atau software dalam mentransformasikan sebuah data ke dalam bentuk informasi yang lebih berguna dan bermanfaat.

4. James O’Brien

Pengertian sistem informasi manajemen menurut James O’Brien adalah sebuah kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user pengguna atau manusia, software, hardware, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, serta juga database untuk mengumpulkan, mengubah, atau menyebarkan informasi mengenai suatu organisasi.

5. James AF Stoner

Pengertian sistem informasi manajemen menurut James AF Stoner adalah suatu metode formal yang memberikan pihak manajemen perusahaan sebuah informasi yang tepat dan dapat dipercaya, serta dapat mendukung suatu proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, dan fungsi operasi sebuah organisasi atau perusahaan yang lebih efektif.

6. Danu Wira Pangestu

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Danu Wira Pangestu adalah sebuah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan serta mengolah data dalam menyediakan informasi yang bermanfaat bagi semua tingkatan manajemen dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian

7. Gordon B. Davis

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Gordon B. Davis adalah suatu sistem yang terintegrasi dengan antara manusia dan mesin yang mampu memberikan berbagai informasi untuk menunjang jalannya operasional, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

8. Azhar Susanto

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Azhar Susanto adalah sebuah kumpulan atau group dari sebuah sub sistem atau komponen apapun, baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan atau berhubunga satu sama lain serta memiliki fungsi dalam hal, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan.

9. Joel D. Aron

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Joel D. Aron adalah suatu sistem informasi yang memberikan sebuah informasi atau data yang diperlukan oleh seorang manajer dalam mengambil suatu keputusan.

Baca Juga: Manajemen Oprasional

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

materi mengenai sistem informasi manajemen sangatlah luas pembahasanya. Mulai dari pengertian, contoh sistem informasi manajemen, fungsi sistem informasi manajemen, contoh sistem informasi manajemen hingga tujuan sistem informasi manajemen. Nah berikut ini tujuan dari sistem informasi manajemen.

1. Dapat Menyediakan data

Tujuan sistem informasi manajemen yang pertama adalah menyediakan data-data yang dapat di gunakan oleh perusahaan atau organisasi dan dapat berpengaruh terhadapat organisasi atau perusahaan. Semua data yang dari kegiatan internal dan eksternal yang telah di lakukan perusahaan atau organisasi akan di kumpulkan menjadi satu.

2. Pengolahan data/informasi

Data atau informasi yang sudah di dapatkan dari berbagai kegiatan internal maupun eksternal yang telah di dapatkan oleh organisasi akan di olah oleh sistem informasi manajemen menjadi suatu infomasi yang bermanfaat oleh perusahaan.

3. Menyajikan Informasi

Tujuan sistem informasi yang terakhir adalah menyajikan informasi. Setelah mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi tahap selanjutnya adalah menyajikan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut. nah informasi yang di sajikan tersebut harus mudah di baca oleh penerima informasi agar pesan yang di sampaikan mudah tersalurkan.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen juga memiliki beberapa fungsi, berikut ini fungsi sistem informasi manajemen.

1. Mengumpulkan data dan informasi

Setiap perusahaan tentu memrlukan yang namanya data dan informasi yang berguna untuk perusahaan atau organisasi. Untuk mengumpulkan dan mengolola data dan informasi tentu di perlukan ketelitian dan keahlian agar informasi yang di sajikan dapat mudah di baca oleh penerima informasi. Dalam hal mengumpulkan dan mengola informsi sistem informasi manajemen dapat di andalkan untuk tugas tersebut.

2. Menyimpan dan mengatur data instansi

Setelah mendpatkan data dan informasi database harus di buat untuk menyimpan data dan informasi agar dapat di ambil oleh manajer. Data tersebut dapat di simpan di hardisk, flashdisk atau pun computer. maka dari itu database harus selalu di perbaharui dengan begitu perusahaan tidak ketinggalan informasi.

3. Menyediakan informasi untuk manajer

Selain di simpan dalam database ruang penyimpananan yang dapat di akses dengan cepat. Data di kelola oleh sistem informasi manajeme harus tersaji dengan baik agar mudah di baca oleh penerima informasi. Disinilah pentingnya fungsi sistem informasi manajemen.

4. Mengolola data dan informasi dengan aplikasi

Dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat di dalam perusahaan dapat memberikan kemudahan kariawan dala mengolola data dan informasi dengan cepat.

Selain di simpan dalam database ruang penyimpananan yang dapat di akses dengan cepat. Data di kelola oleh sistem informasi manajeme harus tersaji dengan baik agar mudah di baca oleh penerima informasi. Disinilah pentingnya fungsi sistem informasi manajemen.

5. Mengolola data dan informasi dengan aplikasi

Dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat di dalam perusahaan dapat memberikan kemudahan kariawan dala mengolola data dan informasi dengan cepat.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Perusahaan atau organisasi yang besar dan sudah berdiri sudah lama biasanya sudah memilki sistem informasi yang sudah terstruktur dengan baik dan sudah terprogram. Sistem informasi manajemen mengatur bagaimana intraksi perusahaan atau organisasi dengan lingkungannya. Misalanya sistem informasi pemasaran dan kegiatan lainnya. Berikut ini contoh sistem informasi manajemen.

  1. Enterprise Resource Planning (ERP)
  2. Supply Chain Management (SCM)
  3. Transaction Processing Sytem (TPS)
  4. Office Automation System (OAS)
  5. Informastic Management System (IMS)
  6. Knowledge Work System (KWS)
  7. Informatic Management System (IMS)
  8. Decision Support System (DSS)
  9. Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I.)
  10. Executive Support System (ESS)

Demikianlah artikel mengenai pengertian sistem informasi manajemen, tujuan sistem informasi manajemen, fungsi sistem informasi manajemen dan beberapa contoh sistem informasi manajemen. dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu tugas kuliah anda dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *